Video Temu Bisnis dan Investasi Kabupaten Bandung Barat (KBB)

28 October, 2008

Demi Pariwisata, UKM Diajari Ngeblog


Jakarta - Bertepatan dengan Hari Blogger Nasional, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) mulai menggelar pelatihan ngeblog. Sasaran pelatihan ini adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pariwisata.

Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan di lima propinsi, yaitu Yogyakarta, Bali, Sulawesi Utara, Jakarta dan Sumatera Barat. Pelatihan hari pertama telah digelar di Yogyakarta pada Senin 27 Oktober 2008. Selanjutnya pelatihan akan berlangsung selama tiga hari.

Konsultan strategi online, Nukman Luthfie, mengisi acara hari pertama mengenai peluang bisnis pariwisata di internet. Selain itu, masing-masing peserta dipandu membuat situs web sendiri dengan menggunakan mesin blog wordpress.

Mengapa wordpress? "Salah satu tujuan kegiatan ini adalah mendorong agar lebih banyak produk wisata Indonesia yang muncul di dunia online," ujar Ratna Suranti, Kasubdit Promosi Elektronik Direktorat Sarana Promosi Depbudpar, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Selasa (28/10/2008).

Di sisi lain, Ratna mengakui, banyak pemilik UKM di bidang pariwisata yang enggan berinvestasi untuk membuat website. Oleh karena itu Wordpress, sebagai alternatif yang bebas biaya lisens,i diperkenalkan oleh Depbudpar.

Ratna berharap blog-blog wisata akan meningkatkan ketersediaan informasi seputar tujuan wisata di Indonesia. "Tidak ada keunggulannya memiliki daya tarik wisata yang begitu banyak, jika para wisatawan mancanegara maupun nusantara tidak tahu keberadaannya," ucap Ratna.

Kegiatan di Jogja ini juga didukung oleh komunitas blogger lokal CahAndong. Wakil dari komunitas itu akan menjadi narasumber terkait pengelolaan dan penulisan blog.
( wsh / rou ) Sumber : www.detik.com

0 comments:

detiknews

Viva News - BISNIS

Kirim SMS Gratis


Gabung Dengan Komunitas BB Online

Pimpinan Umum :
Drs. Ade Ratmadja
Email : (aderatmadja@bandungbaratonline.com)
Pimpinan Redaksi :
Agus Candra Suratmaja, S.P
Email : (aguscandra@bandungbaratonline.com)

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP