Video Temu Bisnis dan Investasi Kabupaten Bandung Barat (KBB)

25 December, 2008

“Partai Facebook” dan “Partai Friendster” Dua Partai Baru di Indonesia

Apakah partai terbesar di Indonesia ?. Kalau boleh saya berpendapat, kedua partai besar tersebut adalah “Partai Facebook” dan “Partai Friendster”. Kedua situs sosial ini memang hebat dalam menggalang massa. Banyangkan saja, Facebook saat ini tumbuh menjadi salah satu situs jaringan sosial dengan pertumbuhan paling pesat di dunia. Di kawasan Asia Pasifik saja, pertumbuhan Facebook mencapai 458 %, sementara jumlah pengguna aktifnya di seluruh dunia mencapai 120 juta pengguna. (http://www.ebizzasia.com).
Sedangkan jumlah pengguna Friendster di Indonesia yang terdaftar pada bulan Februari 2008 telah melampaui 8 juta orang dan 4 juta di antaranya merupakan pengunjung unik. Jika dilihat dari jumlah pengguna internet yang mencapai 20 juta orang, angka tersebut menunjukkan bila lebih dari 20% perpengguna internet di Indonesia mengunjungi situs friendster.com pada bulan Februari 2008 dan lebih dari 40% pengguna internet telah memiliki akun Friendster. Di Indonesia, Friendster sekarang ini juga merupakan jaringan sosial online paling populer. Berdasarkan analisis data Alexa pada tanggal 1 April 2008, Friendster memiliki lebih dari 3,9 juta pengguna unik per minggu. (http://www.inilah.com). Maka jangan heran, kita bisa menemukan tokoh-tokoh politik yang nimbrung di dua situs jejaring sosial ini. Facebook dan Friendster memberikan contoh strategi marketing dan propaganda politik baru di abad web 2.0. Facebook dan Friendster merupakan “partai modern” yang banyak menjaring massa khususnya di Indonesia. Kedua situs jejaring sosial ini mampu secara modern menjaring massa untuk bergabung kedalamnya, tidak hanya itu saja para pengguna Facebook dan Friendster ini pun dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya. Kedua situs jejaring sosial ini merupakan dunia tempat kita berbagi, berbagi susah dan senang, berbagi informasi dan pengalaman. Oleh karena itu, kita patut belajar dari strategi situs jejaring sosial, karena terkadang sekarang kita lebih mempercayai situs jejaring sosial sebagai luapan ekspresi diri kita, dibandingkan dengan politik praktis semata. Mungkin saja jika suatu saat nanti facebook dan friendster mendeklarasikan diri menjadi dua partai baru di Indonesia, maka mereka pasti akan menjadi pemenangnya. Karena mereka memiliki basis massa yang kuat, mereka selalu memberikan kebebasan berekpresi, mereka selalu memberikan kepuasan dalam menjalin persahabatan dan pertemanan. Hal inilah yang patut ditiru oleh para partai yang ingin memenangkan pemilu 2009 nanti. Internet telah banyak membuktikan strategi meraih dukungan massa, namun tidak cukup disitu saja. Kita bisa menjadi seperti kedua situs jejaring sosial tersebut, menjadi media pertemanan dan persahabatan antara sesama. Karena persahabatan yang tercipta merupakan sebuah kekuatan dalam membangun bangsa ini kedepan. Oleh karena itu, maka belajarlah kepada dua “partai besar ini”. (BB Online)

0 comments:

detiknews

Viva News - BISNIS

Kirim SMS Gratis


Gabung Dengan Komunitas BB Online

Pimpinan Umum :
Drs. Ade Ratmadja
Email : (aderatmadja@bandungbaratonline.com)
Pimpinan Redaksi :
Agus Candra Suratmaja, S.P
Email : (aguscandra@bandungbaratonline.com)

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP