Video Temu Bisnis dan Investasi Kabupaten Bandung Barat (KBB)

28 February, 2010

Longsor Pasirjambu Ditemukan Empat Retakan, Warga Diungsikan


BANDUNG--MI: Seluruh warga dari tiga desa di perkampungan dekat daerah longsoran di Perkebunan Dewata, Ciwidey, diungsikan Sabtu (27/2), setelah tim ekspedisi Wanadri menemukan empat retakan di Cagar Alam Gunung Tilu, perbukitan Waladri, yang berpotensi menjadi longsor susulan. Kapolres Bandung AKBP Imran Yunus, di Ciwidey, Sabtu (27/2), mengatakan, temuan Wanadri itu masih harus dikaji tim ahli, yaitu para ahli geologi. Namun, untuk mengantipasi kejadian terburuk, katanya, seluruh warga yang perkampungannya terancam longsor susulan itu sudah diungsikan.

Tiga perkampungan yang warganya diungsikan itu adalah kampung Cimeri, Gunung Maut, dan Karang Tengah, yang letaknya sekira 10 km dari kampung Dewata, Desa Tenjolaya, Pasirjambu, daerah yang pada Selasa (23/2) tertimbun longsor.

Menurut data dari Wanadri, empat retakan itu seluruhnya ada di perkebunan teh milik PT Chakra, yang seluruh retakannya menghadap ke lokasi longsor beberapa hari lalu. Panjang retakan itu delapan meter dengan lebar 100 meter pada daerah dengan ketinggian 1500 mdpl.

Pada Sabtu (27/2) siang, polisi memasang garis polisi sepanjang satu km memutari daerah longsor dan kawasan yang berpotensi longsor tersebut.

Adang Setiawan, 47, warga yang menempati Blok Cimeri, menyatakan, semula dia tenang saja seusai longsor Selasa. "Tapi, karena ada instruksi harus mengungsi, maka saya akan mengungsi saja ke kampung halaman di Garut," katanya. (Ant/OL-03)
sumber www.medi-indonesia.com


0 comments:

detiknews

Viva News - BISNIS

Kirim SMS Gratis


Gabung Dengan Komunitas BB Online

Pimpinan Umum :
Drs. Ade Ratmadja
Email : (aderatmadja@bandungbaratonline.com)
Pimpinan Redaksi :
Agus Candra Suratmaja, S.P
Email : (aguscandra@bandungbaratonline.com)

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP