Video Temu Bisnis dan Investasi Kabupaten Bandung Barat (KBB)

30 October, 2008

7 Caleg Kota Bandung Mundur

Bandung - Sebanyak tujuh calon legislatif (caleg) mengundurkan diri dari daftar calon sementara (DCS) pemilihan legislatif DPRD Bandung. Sehingga jumlah caleg yang masuk daftar calon tetap (DCT) hanya 885 orang.

Duet Sultan-JK Dimungkinkan
Jakarta - Kabar akan majunya JK mendampingi SBY dalam Pilpres 2009 makin santer terdengar. Namun bukan berarti itu satu-satunya opsi bagi Golkar. Duet JK-Sultan juga dimungkinkan.

"JK-Sultan dimungkinkan," kata Ketua FPG Priyo Budi Santoso saat ditemui usai rapat paripurna RUU Pilpres di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/10/2008).

Menurut Priyo, ada empat skenario yang teredia bagi Golkar. Pertama, meneruskan duet SBY-JK.

"Suara ini yang paling menguat sekarang," kata Priyo.

Opsi kedua, JK berduet dengan Sultan. Ketiga, Golkar berkoalisi dengan partai Islam. Keempat, Golkar berkoalisi dengan PDIP.

Menurut Priyo, baik JK maupun Sultan merupakan tokoh tingkat tinggi di Golkar. JK merupakan tokoh paling utama dari luar Jawa, sedang Sultan merupakan tokoh dari Jawa.

"Coba siapa tokoh di luar Jawa yang lebih hebat dari JK? Kalau di Timur ada JK, di Jawa ada Sultan," ucap priyo.

Namun lagi-lagi Priyo menegaskan, masalah koalisi dan pengajuan capres baru akan ditentukan setelah pemilu legislatif diselenggarakan.

Menanggapi Sultan yang bersedia dicalonkan sebagai presiden oleh Partai Republikan, Priyo mengatakan itu adalah hak pribadi Sultan. Dan FPDIP menghormatinya.

"Kita hormati lah hak pribadi Sultan," ucapnya.

Sedangkan menanggapi RUU Pilpres yang baru saja disahkan, Priyo memperkirakan dengan syarat dukungan 20 persen kursi atau 25 persen suara, nantinya hanya akan muncul 3-4 capres.

"Saya kira dengan angka itu kemungkinan 3, paling banyak 4. Tapi 4 susah," lanjutnya.

Dengan jumlah capres hanya 3, kata Priyo, maka sangat mungkin pemilihan presiden hanya dilangsungkan 1 kali putaran. Dan itulah yang diinginkan Golkar.

"Golkar menginginkan 1 putaran saja. Itu akan efisien karena akan menyelamatkan uang
negara Rp 1 triliun," terangnya

Ketua KPU Bandung Benny Moestofa mengatakan dari 1.009 orang, yang memenuhi syarat hanya 992 caleg. "Nah kemarin ada yang mengundurkan diri enam orang, trus barusan saya dapat kabar ada satu orang lagi yang mengundurkan diri," katanya saat dihubungi detikbandung, Kamis (30/10/2008).

Caleg yang mengundurkan diri yaitu Aat Kholisah (partai Golkar), Kusmaya (Gerindra), Dudu Abdulkarim (PPP), Atep Rahmat (PPP), Atep Komarudin (Pelopor, dan Rosfita Malinda (Pelopor). "Hari ini yang mengundurkan diri namanya Jajang, tapi saya lupa dari partai apa," kata Benny.

Benny mengatakan alasan pengunduran diri para caleg bermacam-macam, diantaranya karena kesibukan pekerjaan para caleg dan juga caleg perempuan yang mementingkan mengurus anaknya.

Maish menurut Benny, saat ini KPU masih menunggu verifikasi dari Dinas Pendidikan Bandung mengenai ijazah caleg Hanura yang masih bermasalah. "Calegnya atas nama Hendra Gunawan. Kita masih tunggu dari Disdik, mudah-mudahan hari ini keluar," katanya.

Rencananya, pengumuman DCT akan dilakukan pada, Jumat 31 Oktober 2008. "Kami masih menunggu hingga pukul 00.00 untuk kelengkapan para caleg serta tanggapan dari masyarakat," katanya. (detik)

0 comments:

detiknews

Viva News - BISNIS

Kirim SMS Gratis


Gabung Dengan Komunitas BB Online

Pimpinan Umum :
Drs. Ade Ratmadja
Email : (aderatmadja@bandungbaratonline.com)
Pimpinan Redaksi :
Agus Candra Suratmaja, S.P
Email : (aguscandra@bandungbaratonline.com)

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP