Video Temu Bisnis dan Investasi Kabupaten Bandung Barat (KBB)

18 December, 2008

Wawancara Dengan Matt Mullenweg, Pendiri Wordpress


Siapa yang tidak kenal Wordpress? Perangkat untuk membuat blog dan website ini benar-benar laris luar biasa. Sampai saat ini Wordpress telah tembus 7 juta download lebih.

Matthew Mullenweg, atau yang biasa disapa Matt. Pernah dengar namanya nggak ? Dia ini si jenius yang menggagas Wordpress. Di usianya yang sekarang menginjak 24 tahun, Matt memiliki kekayaan senilai sekitar US$ 40 juta dari Wordpress, atau kira2 sekitar 450 milliar rupiah.

Nah, barusan dapat artikel menarik hasil wawancara Michael Dunlop dari retire at 21 dengan si Matt. Saya, sementara cuma bisa nerjemahin aja. Begini terjemahannya:



Ini benar-benar wawancara yang luar biasa. Aku sangat terkesan sekali dengan ketulusan Matt, dia tidak menyimpan kesuksesannya sendiri. Matt adalah tipe pemuda yang berhati-hati dalam berbicara. Lihatlah jawaban-jawabannya yang berbobot dan langsung pada intinya terhadap pertanyaan yang kami ajukan. Ada penjelasan singkat kenapa dia membuat salah satu platform blogging yang sangat mudah digunakan di dunia. Akui saja, kita semua cinta WORDPRESS !

Pertama sekali, dapatkah kami mengetahui sedikit informasi tentang latar belakangmu, Matthew. Di mana kamu tinggal? berapa usiamu? (jika kamu tidak keberatan) Apa yang memotivasi dirimu? Apa yang membuatmu terinspirasi?

Saya tinggal di San Fransisco, dan saya 24 tahun. Sata termotivasi karena bekerja dengan orang-orang yang luar biasa dan membantu mendemokrasikan kegiatan publishing di website.

Banyak di antara kami adalah pengguna Wordpress. Bisakah kamu menceritakan tentang sejarah awal Wordpress dan bagaimana kok bisa sampai berkembang dengan sangat cepat menjadi pemimpin software blog?

Awalnya Wordpress sangat lambat. Softwarenya sangat dasar sekali. Tapi sejak awal kami fokus pada user experience. Tapi sebenarnya perubahannya juga tidak terlalu cepat banget. Butuh waktu 5 tahun buat kami untuk bisa seperti sekarang.

Kalau kamu memulai sebuah proyek seperti Wordpress lagi, apakah akan ada hal berbeda yang akan kamu lakukan?

Saya akan mencoba untuk lebih memfokuskan add-on seperti plugin dan template di awal. Kami melakukan hal itu sekarang tapi kami sangat terlambat.

Ceritakan tentang Automattic Inc. Hampir semua orang tahunya hanya Wordpress, tapi sedikit sekali yang tahu tentang Automattic dan proyek-proyek yang dikembangkan di dalamnya.

Automattic adalah sebuah unit usaha yang saya buat untuk melanjutkan ketertarikan komersial lebih jauh lagi pada ekosistem Wordpress, misalnya menawarkan layanan seperti statistik dan anti-spam, dan menyediakan hosting Wordpress pada Wordpress.com

Ada saran atau bahan yang kamu rekomendasikan untuk para programmer dan pengembang muda yang bekerja dengan open source?

Saya merekomendasikan dua buku:
Producing Open Source Software oleh Karl Fogel
Open Sources 2.0 oleh Chris DiBona

Di antara dua buku itu, kalian akan mempelajari semua yang kalian perlukan untuk bekerja, berpartisipasi, dan menggunakan Open Source.

Apa yang menurutmu sebagai peluang terbaik atau bahasa pemrograman terbaik untuk para developer muda untuk berkembang saat ini?

Belajar Python dan melakukan proyek kalian di PHP.

Bagaimana Wordpress ke depannya? Bagaimana dengan perangkat lunak Blogging ke depan? Bagaimana pandanganmu tentang organisasi Wordpress / Automattic untuk 10 tahun dari sekarang?

Wordpress telah mengeluarkan rilis 2.7, yang mana saya pikir akan menyediakan fondasi yang kokoh untuk perkembangan kami baik dalam program berbasis pengguna (user-base) maupun fitur-fitur untuk beberapa tahun ke depan.

Saya harap untuk 10 tahun ke depan Wordpress akan menjamur di web, menempati porsi yang besar di web dengan tenang dan halus.

Untuk Automattic, saya harap kami dapat melanjutkannya menjadi skala yang elegan, baik dari sisi manusia maupun infrastruktur.

Apa saranmu untuk menanggulangi kegagalan dan pengalaman negatif?

Saya rasa tidak ada yang ajaib. Kadangkala keadaan menjadi keras dan tidak mudah. Dua hal yang patut diingat adalah, bahwa dunia adalah tempat yang sangat luas dan banyak hal yang kita anggap sebagai masalah sebenarnya menjadi keberuntungan kita karena pernah merasakan hal itu.
Kedua, coba sekali-kali buka link ini

http://icanhascheezburger.com/?random

Situs itu selalu membuat saya tersenyum

Apa kamu memiliki buku-buku terkait kesibukan favorit atau pengembangan kepribadian yang kamu rekomendasikan untuk para pewirausaha?

Saat ini saya sedang menikmati:
* Devil Take the Hindmost: A History of Financial Speculation oleh Edward
Chancellor
* The Black Swan: The Impact of the Highly Improbable oleh Nassim Nicholas
Taleb
* The Halo Effect by Phil Rosenzweig
* Leaders & Followers by Dick Ruch

Apa nasihat terbaik yang pernah kamu terima?

Tidak ada catatan yang salah, dan fokuslah kepada orang lain terlebih dulu.

Apa kamu punya rencana (pribadi atau bisnis) yang bisa kamu ceritakan pada kami, tentang rencana atau target masa depan, atau target jangka panjang?

Saat ini saya sedang mengejar ketertinggalan dengan mengupload seluruh foto yang saya ambil di tahun 2008 dan menghabiskan beberapa waktu dengan piano dan saxofon selama liburan.

—————————————————————–

Yep, itu tadi terjemahan interfiu sama si Matt. O ya, dalam sebuah ceramahnya si Mullenweg ini, dia mengatakan bahwa ketika memulai proyek Wordpress, dia gaptek banget soal coding. Tapi dia terus belajar. Dia bilang, code bukan hal terpenting dalam sebuah software. Beberapa hal penting dalam produksi software adalah: Desain, Warna, Pencitraan merek, dan kegunaan.

Jadi, kapan kira2 muncul si Matt dari Indonesia?

(Sumber : http://ziaulhaq.com/2008/12/14/wawancara-dengan-matt-mullenweg-pendiri-wordpress/)

0 comments:

detiknews

Viva News - BISNIS

Kirim SMS Gratis


Gabung Dengan Komunitas BB Online

Pimpinan Umum :
Drs. Ade Ratmadja
Email : (aderatmadja@bandungbaratonline.com)
Pimpinan Redaksi :
Agus Candra Suratmaja, S.P
Email : (aguscandra@bandungbaratonline.com)

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP